"Inilah Panduan Mendapatkan Ribuan Dollar di Internet Terlengkap Dengan lebih dari 300 Cara, Tutorial dan Trik Rahasia" info lengkap Klik disini!

Layar Sentuh Antibakteri Pertama di Dunia, Bunuh Bakteri Saat Disentuh

Seiring dengan kemajuan teknologi, standar alat komunikasi masa kini tak lain berbentuk tablet dan ponsel dengan layar sentuh. Tapi justru di balik penampakannya yang bersih, sebenarnya ada jutaan kuman yang bersarang di sana.

Yang tak kalah mengerikan, menurut riset ribuan kuman-kuman itu dapat menyebarkan bibit penyakit dan menyebabkan diare.


Untuk mengatasi masalah ini, sebuah perusahaan pembuat kaca, keramik dan sejenisnya dari AS yang bernama Corning Incorporated menciptakan permukaan kaca antibakteri dan antimikroba pertama di dunia yang langsung bisa membunuh bakteri saat disentuh.

Tak tanggung-tanggung, display yang diberi nama Gorilla Glass itu dilengkapi dengan agen antibakteri yang mengandung ion-ion perak dan dapat membunuh 99,9 persen kuman yang menempel di permukaan display. Demikian dilansirDaily Mail.

Sejauh ini ion-ion perak sudah banyak digunakan di rumah sakit dan perangkat medis lainnya. Misalnya ion-ion ini telah dicampurkan ke dalam berbagai krim, plester, dan pembalut serta sebagai lapisan antibiotik pada berbagai perangkat medis.

Kelebihan ion perak yang disebut dengan 'bioaktif' ini adalah dapat membunuh bakteri yang ada di permukaan ketika disentuh oleh jari maupun tangan. Dan ini aman bila digunakan oleh manusia dan mempunyai kadar racun yang rendah. Lagipula berbeda dengan spray antibakteri pada umumnya, ion perak ini tidak memudar dan tak dapat dihapus.


Display itu kini dipamerkan di Consumer Electronics Show di Vegas dan tengah diujicoba oleh berbagai perusahaan. Suatu hari nanti, display ini diharapkan dapat digunakan sebagai pelapis pada jendela, furnitur kantor, layar ponsel pintar, tablet, kalkulator serta perangkat lainnya.

"Gorilla Glass ini dapat menghambat pertumbuhan lumut, jamur, dan bakteri karena properti antimikroba di dalamnya, yang telah terpasang di dalam kaca dan efektif untuk digunakan seumur hidup sebuah perangkat," terang James R. Steiner, wakil presiden dan manajer Corning Specialty Materials.

Bahkan Corning juga mengklaim display ini dapat ditambahkan fitur antimikroba lagi tanpa melemahkan si kaca. Selain antigores, mikroba tak dapat hidup di dalam permukaan kaca.

Gorilla Glass sendiri sudah dipergunakan dalam sejumlah produk Samsung Galaxy, Nexus 7 dan 10 jenis tablet dari Google, Sony Bravia NX dan TV seri HX.


Sumber :
detik

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.