"Inilah Panduan Mendapatkan Ribuan Dollar di Internet Terlengkap Dengan lebih dari 300 Cara, Tutorial dan Trik Rahasia" info lengkap Klik disini!

15 Khasiat Ampuh Bawang Putih Untuk Kesehatan Anda

khasiat bawang putih

Bawang putih; tanaman herbal ajaib ini telah diketahui memiliki banyak khasiat yang menakjubkan dan digunakan sejak jaman dahulu sebagai obat untuk mencegah atau menyembuhkan berbagai penyakit dan kondisi tubuh.

Bawang putih memiliki bermacam-macam bahan yang mengandung sulfur; yang merupakan alasan mengapa bawang putih memiliki aroma yang khas. Allicin, salah satu materi yang terkandung dalam bawang putih, dikenal sebagai anti bakteri, anti virus, anti jamur, dan antioksidan. Manfaat dari Allicin dapat diperoleh jika bawang putih dipotong dengan benar, diperas atau ditumbuk halus dan dibiarkan untuk beberapa waktu. Bawang putih juga merupakan sumber selenium. Allicin, bersama dengan bahan lain seperti ajoene, allilin, dll yang dikandung oleh bawang putih juga memiliki efek bagi peredaran darah, pencernaan, dan sistem kekebalan tubuh dan membantu menurunkan tekanan darah, detoksifikasi, penyembuhan, dll.

Manfaat dan Khasiat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Di bawah ini adalah 15 khasiat bawang putih yang mengagumkan untuk kesehatan:

1. Antibakteri dan Antivirus

Bawang putih sangat dikenal dengan kandungan antibakteri dan antivirus yang dimilikinya. Bawang putih membantu mengontrol virus, jamur, ragi dan infeksi cacing. Bawang putih segar dianggap dapat mencegah keracunan makanan dengan membunuh bacteria seperti E. coli, Salmonella enteritidis, dll.

2. Menyembuhkan Infeksi Kulit

Bahan kimia ajoene yang ditemukan pada bawang putih dapat membantu menyembuhkan infeksi kulit akibat jamur seperti kurap dan jamur.

3. Mengentalkan Darah

Fungsi anti-pembekuan darah yang dimiliki oleh ajoene membantu mencegah pembentukan darah beku pada tubuh. Pembekuan darah dapat meningkatkan risiko pendarahan setelah operasi.

4. Mengurangi Tekanan Darah

Salah satu khasiat bawang putih yang cukup penting adalah membantu menurunkan tekanan darah. Angiotensin II adalah protein yang membantu pembuluh darah berkontraksi sehingga meningkatkan tekanan darah. Allicin yang terkandung dalam bawang putih memblokir aktivitas angiotensin II dan membantu mengurangi tekanan darah. Kandungan polisulfida pada bawang putih diubah menjadi gas yang disebut hydrogen sulfide oleh sel darah merah. Hydrogen sulfide memperbesar pembuluh darah dan membantu mengontrol tekanan darah.

5. Melindungi Jantung

Bawang putih melindungi jantung kita dari penyakit seperti serangan jantung dan atherosclerosis. Khasiat perlindungan jantung ini dapat memberikan kontribusi pada banyak hal. Seiring dengan pertambahan usia, pembuluh arteri cenderung kehilangan kemampuan untuk meregang. Bawang putih membantu mencegah hal ini dan juga melindungi jantung dari efek merusak radikal bebas. Kandungan sulfur bawang putih juga mencegah penyumbatan pembuluh darah dan memperlambat atherosclerosis (mengerasnya pembuluh arteri). Khasiat anti pembekuan darah yang dimiliki oleh ajoene membantu mencegah terbentuknya darah beku dalam pembuluh darah.

6. Mengurangi Kolesterol

Khasiat bawang putih yang lain adalah mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol serta mengurangi pembentukan plak pada arteri.

7. Melawan Alergi

Bawang putih dikenal memiliki khasiat anti-inflamasi yang membantu tubuh melawan alergi. Kandungan anti-arthritic bawang putih berasal dari diallylsulphide dan thiacremonone. Bawang putih terbukti mengurangi alergi. Jus bawang putih mentah dapat digunakan untuk menyembuhkan gatal-gatal dengan cepat akibat ruam dan gigitan serangga.

8. Mengobati Masalah Pernafasan

Mengkonsumsi bawang putih setiap hari dapat mengurangi frekuensi dan jumlah demam. Kandungan antibakteri bawang putih membantu mengobati radang tenggorokan. Bawang putih juga membantu infeksi saluran pernafasan. Khasiat yang diberikan bawang putih dalam menyembuhkan masalah paru-paru seperti asma, masalah pernafasan, dll, menjadikan bawang putih sebagai obat yang sangat berharga. Khasiat bawang putih dalam ekspektorasi menjadikannya sebagai unsur yang tak tergantikan dalam pengobatan bronchitis kronis.

9. Diabetes

Bawang putih juga memiliki khasiat meningkatkan pelepasan insulin dan meregulasi tingkat gula darah pada diabetes.

10. Efektif Dalam Mengatasi Kutil dan Bisul

Mengoleskan ekstrak bawang putih pada bisul dan kutil pada kaki atau tangan dapat membantu mengobatinya.

11. Pencegahan Kanker

Khasiat bawang putih lain yang tak kalah pentingnya adalah membantu mencegah kanker. Mengkonsumsi bawang putih setiap hari terbukti dapat mengurangi risiko kanker jenis apapun. Kandungan anti-kanker bawang putih berasal dari allylsulphides yang terdapat pada bawang putih. PhIP, salah satu amino heterocyclic (HCA), disebut-sebut sebagai salah satu penyebab meningkatnya kanker payudara pada wanita. Menurut penelitian, diallylsulphide yang ditemukan pada bawang putih mencegah perubahan PhIP menjadi carcinogens.

12. Meningkatkan Metabolisme Zat Besi

Ferroportin merupakan protein yang membantu penyerapan dan pelepasan zat besi. Diallylsulphides yang terkandung dalam bawang putih meningkatkan produksi ferroportin dan membantu meningkatkan metabolism zat besi.

13. Meningkatkan Gairah

Kandungan aphrodisiac bawang putih memiliki khasiat untuk meningkatkan sirkulasi.

14. Sakit Gigi

Hanya dengan mengaplikasikan bawang putih yang ditumbuk pada gigi yang sakit dapat membantu mengurangi rasa sakit karena kandungan antibakteri dan analgesic dari bawang putih. Namun ingatlah bahwa bawang putih dapat merusak gusi.

15. Mengurangi Berat Badan

Banyak ilmuwan yang percaya bahwa obesitas merupakan keadaan inflamasi tingkat rendah jangka panjang yang terjadi. Berdasarkan penelitian terkini, bawang putih dapat membantu meregulasi susunan sel lemak pada tubuh. Pra-adipocytes dikonversi menjadi sel lemak (adipocytes) melalui aktivitas sistem inflamasi. Kandungan anti-inflammatori 1, 2-DT (1, 2-vinyldithiin) yang ditemukan pada bawang putih membantu mencegah konversi ini terjadi. Hal inilah yang membantu mencegah bertambahnya berat badan.

Demikian artikel khasiat bawang putih untuk kesehatan, semoga bermanfaat untuk menambah wawasan anda.

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.